persiapan dalam mematangkan sebelum pernikahan

Tips Dalam Mematangkan & Persiapan Konsep Menjelang Pernikahan

persiapan pernikahan apa saja

Kini saatnya Anda mematangkan konsep pernikahan. Beberapa hal penting yang harus Anda lakukan di dalam mematangkan konsep pernikahan ini cBantaranya adalah, menentukan tanggal pernikahan dan jumlah anggaran yang diperlukan.

Menentukan Tanggal Pernikahan

Bila Anda melihat pada kalender dan dibuat bingung oleh sederetan tanggal alternatif, inilah cara untuk menyeleksi dan memilihnya:

– Pilih waktu dimana Anda dan pasangan dapat meninggalkan pekeijaan. Ajukan permohonan cuti Anda pada tanggal yang Anda rasa tidak terlalu sibuk. Kemudian buatlah perencanaan waktu untuk mulai “menyial” pekerjaan.

– Pilih tanggal yang memberikan Anda cukup waktu untuk melakukan persiapan. Masa ideal untuk mempersiapkan sebuah pernikahan adalah 8-12 bulan.

– Pilih tanggal dimana tempat resepsi dan pemberkatan/akad Anda tersedia. Sefleksibel apapun Anda, lokasi resepsi dan pemberkatan tidak hanya tersedia untuk Anda. Katakanlah Anda menginginkan lokasi resepsi di hotel X dan gereja Y. Tanyakan ketersediaan tanggal yang tersisa kemudian eliminasi seluruh tanggal yang tidak tersedia pada kalender.

– Pilih tanggal di luar musim hujan. Hal ini sangat penting bagi Anda yang berencana menggelar resepsi secara outdooratau pesta kebun.

– Pilih tanggal yang sesuai dengan masa musim bunga favorit Anda. Selain dapat menghemat biaya, Anda juga memastikan tersedianya bunga untuk keperluan resepsi. Anda dapat mencarinya di internet untuk mengetahui informasi ini.

– Pilih tanggal yang berdekatan dengan kepentingan bulan madu Anda. Terkadang lokasi bulan madu tertentu memiliki tanggal dan waktu khusus agar bisa dinikmati secara maksimal. Tentunya Anda tidak ingin cuaca dan iklim daerah lokasi bulan madu menjadi masalah bukan?

– Untuk Anda yang ingin menekan budgetpernikahan, pilihlah tanggal di luar “bulan pernikahan”. Biasanya berkisar dari awal hingga pertengahan tahun. Biasanya jumlah pasangan yang akan menikah akan meningkat menjelang akhir tahun.

– Pilih tanggal yang tidak berdekatan dengan masa ujian sekolahan dan hari libur panjang karena dapat memperkecil kemungkinan hadirnya keponakan, kerabat ataupun para sahabat undangan Anda.

mematangkan konsep pernikahan

Anggaran Pernikahan

Perhatikan dua hal yang amat menguras biaya: makanan dan dekorasi Gabungan dua hal itu bisa mencakup 80% biaya pernikahan. Kalau masing-masing dipangkas setengahnya, 40% anggaran atau Rp 80 juta dari pesta berbandrol Rp 200 juta dapat diselamatkan. Kuncinya, efisiensi! Berikut sejumlah tips dan trik dari berbagi sumber:

– Waktu adalah uang. Semakin sempit waktu perencanaan yang tersedia, semakin kita mudah terjebak oleh harga. Minimal 6 bulan sebelum hari H.

– Kurangi jumlah undangan. Mengurangi 100 tamu pada kisaran Rp 100 ribu/orang sama dengan menyisihkan Rp 10 juta! Lagipula, pesta privat (maksimal 1200 tamu) sedang digemari.

– Kartu undangan lebih sederhana. Kartu undangan sebaiknya didesain minimalis. Lebih baik lagi, undangan itu diubah ke bentuk digital (e-mail). AH-in-one. Buatlah pernikahan dan resepsinya di satu tempat. Bagaimana kalau siang? Venue pernikahan kadang memberi harga miring untuk acara siang hari.

– Sesuaikan menu. Manfaatkan penjaja jalanan beserta gerobak, menggantikan jasa katering asal diberi pakaian layak. Yang penting, enak! One-man band. Sewa seorang DJ atau solois plus gitarnya. Berhubung hanya untuk latar suara, bagaimana jika CD kompilasi?

– Dekorasi hanya penunjang. Hilangkan detil yang menyulitkan. Memang kristal di langit-langit begitu dramatis, tetapi tamu justru mengingat pita kecil yang melingkar di sabun toilet.

– Busana pinjaman. Pinjam busana pengantin ibu, bapak, atau kerabat lainnya. Jangan takut disebut kuno, perhatikan prediksi fashion tren terbaru. Kita bisa membuat gaun pengantin A-line berbahan taffeta hitam! Atau, sewa keduanya daripada membeli. Menyewa busana menghemat hingga Rp 20 juta.

– Delegasikan. Serahkan pada wedding consultant, wedding organizer, dan wedding planner d i kisaran anggaran yang dikehendaki.

– Entertainment, video, foto. Saatnya membuktikan bakat seni kawan Anda. Ada Juga yang menitipkan kamera disposable pada beberapa tamu dan dikumpulkan lagi ketika pesta selesai. Hasilnya? Kejutan!

Untuk Video & Foto Acara Anda Bisa Kunjungi Link Ini Video Shooting Solo

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *